ADS

Tips Cara Menjaga Kesehatan Merpati Lomba / Kontes

Menjaga kesehatan merpati bukanlah perkara yang mudah. Kita harus bekerja keras bagaimana caranya semoga merpati tetap sehat dan tidak pernah sakit.
Untung saja merpati merupakan salah satu burung yang memiliki daya tahan badan yang tinggi. Kaprikornus kita tidak merasa sangat terbebani untuk menjaga kesehatan burung setiap harinya.
Menjaga kesehatan merpati bukanlah perkara yang gampang Tips cara menjaga kesehatan merpati lomba / kontes
Akan tetapi, walaupun burung merpati termasuk ke dalam burung yang mempunynai dadya tahan badan yang tinggi, bukan berarti kita tidak perlu memperhatikannya. 
Kita juga harus memperhatikannya, tetapi tidak sedetail memperhatikan burung-burung yang tidak memiliki daya tahan badan yang tinggi. 
Sebenarnya, yang mengakibatkan merpati sakit itu ialah lingkungan sekitarnya yang tidak bersih. Contohnya saja kandang.
Kebanyakan penangkar yang ada di Indonesia ini tidak begitu peduli dengan kebersihan sangkar merpati. Para penangkar kebanyakan lebih memperhatikan ke arah makanan dan minuman. Padahal walaupun makanan dan minuman merpati bersih, tetapi kandangnya kotor, percuma saja.
Ini semua alasannya ialah para penangkar umumnya tidak menyadari kebersihan sangkar merupakan hal yang paling utama sekali untuk menciptakan merpati tetap sehat. 
Untuk itu, mulai dari kini bagi para penangkar burung merpati yang ada di Indonesia, kita harus menjaga kebersihan sangkar burung merpati. Hal ini dilakukan supaya kesehatan merpati tetap terjaga. 
Kita dapat membersihkan sangkar paling tidak dua hari sekali. Akan tetapi untuk sangkar yang berisi burung lebih dari satu burung sebaiknya bersihkan paling tidak sehari sekali.
Kandang yang terisi banyak burung, sudah terang juga banyak kotorannya. Untuk itu kita harus membersihkannya sehari sekali. 
Kandang yang baik ialah yang berisi 4 pasang merpati. Itupun sudah ukuran sangkar yang paling besar. 
Kandang yang berlebihan muatan akan menciptakan burung yang ada di dalamnya tidak nyaman berada di dalamnya. Akibatnya kebanyakan burung akan menjadi tubruk satu sama lain untuk memperebutkan daerah yang nyaman. 
Resiko dari perkelahian yang terjadi pada burung ialah akan ada burung yang mati. Dan jikalau jumlah burung yang ada di dalam satu sangkar itu banyak maka kemungkinan yang akan berkelehi dan yang akan mati juga banyak. Bukankah itu akan merugikan kita? Untuk itu, perhatikanlah pengisian sangkar yang benar.

Subscribe to receive free email updates:

ADS