ADS

Cara Merawat Ganti Bulu Mabung Pada Burung Merpati

Ganti bulu merupakan hal yang biasa terjadi pada setiap burung, tak terkecuali pada burung merpati. Biasanya, merpati pertama kali mengalami masa ganti bulu ialah ketika merpati menginjak usia 8 bulan.

Orang-orang banyak menyebutnya dengan istilah pergantian bulu dari anak-anak menjadi bulu dewasa. Maka dari itu merpati sudah tidak dianggap lagi sebagaimerpati anakan alasannya ialah bulunya sudah berganti. 
Ganti bulu merupakan hal yang biasa terjadi pada setiap burung Cara Merawat ganti bulu mabung pada burung merpatiApakah ada burung merpati yang mengalami ganti buludi bawah usia normal yaitu 8 bulan? Ya, ada. Merpati yang ganti bulu di anak-anak 8 bulan, biasanya hormon pada tubuhnya sedang bermasalah. Karena itulah pergantian bulu terjadi sebelum masanya ganti bulu terjadi. 

Akan tetapi berdasarkan data yang diambil dari beberapa anakan merpati, yang mengalami pergantian bulu di bawah usia normal itu hanya sedikit saja. Selebihnya pergantian bulu akan berjalan normal. 
Ketika burung sedang mengalami masa ganti bulu, berilah asupan masakan yang baik. Tujuannya biar bulu-bulu yang telah rontok akan cepat tumbuh kembali.
Jika kita tidak menawarkan asupan masakan yang bergizi pada ketika merpati ganti bulu yang terjadi ialah bulunya akan usang sekali tumbuh. Bukankah itu akan menyiksa burung merpati jikalau dibiarkan lama-lama tidak berbulu?
Untuk pergantian bulu yang normal biasanya terjadi paling usang 2 minggu. Lebih dari 2 minggu, berarti itu pergantian bulu yang tidak normal.
Jika biasanya merpati bersikap traktif, pada waktu 2 ahad (pada waktu ganti bulu) tersebut merpati akan lebih banyak berdiam diri di kandang. Mengapa burung merpati berdiam diri di dalam kandang?
Itu alasannya ialah merpati menahan sakit alasannya ialah bulu-bulunya yang pada rontok. Tidak hanya merpati saja yang mengalami hal menyerupai ini, akan tetapi burung-burung jenis lain juga akan mengalami hal menyerupai ini.
Kita tidak perlu khawatir jikalau merpati berdiam diri di dalam sangkar alasannya ialah itu merupakan hal yang biasa bagi merpati tersebut.
Supaya merpati tidak terus menerus berdiam diri alasannya ialah menahan rasa sakit akhir bulunya yang rontok, kita harus meringankan beban merpati. 
Caranya dengan menawarkan multivitamin. Multivitamin yang dipilih ialah multivitamin untuk menciptakan bulu merpati cepat tumbuh. Cara memberikannya kepada merpati ialah dengan memasukkan ke dalam minuman merpati.

Subscribe to receive free email updates:

ADS