ADS

Cara Merawat Merpati Mabung Ganti Bulu / Ngorak

Setiap burung niscaya pernah mengalami hal yang satu ini. Ya, tahap ganti bulu. Apa itu tahap ganti bulu yang terjadi pada burung? Tahap ganti bulu ialah tahap dimana burung akan mengalami pergantian bulu yang sudah usang menjadi bulu yang baru. 
Burung merpati juga akan mengalami tahap ini, tak terkecuali pada merpati pos. Kapan pertama kali burung merpati akan berganti bulunya? 
Setiap burung niscaya pernah mengalami hal yang satu ini Cara merawat merpati mabung ganti bulu / ngorak
Pertama kali merpati mengalami ganti bulu ialah pada ketika merpati gres keluar dari asuhan indukannya. Pada ketika itulah burung akan mencicipi ganti bulu.
Pada dunia burung, istilah ganti bulu disebut dengan mabung. Mabung biasanya terjadi selama satu tahun sekali saja. Tidak pernah sejarah mencatatkan ada burung yang mabung satu tahun dua kali atau tiga kali.
Pada ketika burung sedang mabung, hendaknya kita harus mengetahui ciri-ciri bahwa burung tersebut sedang mengalami mabung. Ingatlah, kita harus melihat burung secara lebih mendetail.
Apalagi pada ketika burung keluar dari asuhan indukannya. Penglihatan kita jgua harus elbih teliti lagi dari yang biasanya. Mengetahui bahwa burung tersebut mabung itu memiliki tujuan. 
Apa tiu tujuannya? Tujuannya ialah supaya kita sanggup mengurangi rasa sakit tanggapan dari pergantian bulu tersebut. Terlebih lagi jikalau burung tersebut gres pertama kalinya mengalami ganti bulu ini.
Ciri-ciri yang pertama kalau burung tersebut sedang ganti bulu ialah burung akan cenderung membisu (tidak agresif) di dalam kandang.
Mengapa burung yang sedang mabung tidak lebih cenderung lebih agresif? Sebab, burung yang sedang mengalami ganti bulu mencicipi sakitnya bulu yang tercabut sendiri dari tubuhnya.  
Ciri-ciri yang kedua burung sedang mengalami mabung ialah burung tersebut akan susah untuk makan. Akibat dari menahan rasa sakitnya itulah burung menjadi malas sekali makan.
Jika dibiarkan lama-kelamaan burung yagn sedang ganti bulu sanggup saja mati alasannya ialah tidak makan. Untuk itulah, kita harus menawarkan pakan yang sanggup menciptakan merpati jadi cepat ganti bulunya. 
Pakan yang bisdiberikan kepada burung yang sedang mengalami ganti bulu ialah pakan yang mengadung protein yang tinggi. Sebab, protein yang tinggi sanggup mempercepat tumbuhnya kembali bulu-bulu yang telah rontok.

Subscribe to receive free email updates:

ADS