ADS

Cara Menjaga Kesehatan Burung Merpati Harian

Sebagai penangkar burung merpati yang baik, tentunya kita harus memperhatikan kebersihan sangkar merpati. Kandang merupakan daerah dimana burung akan tinggal di dalamnya selama hidupnya.
Seperti halnya insan yang menginginkan daerah tinggalnya higienis setiap hari, merpatipun juga begitu. Pasti ia menginginkan tempatnya tetap higienis setiap harinya.
Sebagai penangkar burung merpati yang baik Cara Menjaga kesehatan burung merpati harian
Kandang yang higienis juga akan menciptakan tetangga tidak terganggu dengan anyir yang ditimbulkan dari sangkar yang tidak higienis tersebut. Membersihkan sangkar bahu-membahu mudah. Hanya saja diharapkan kemauan dari penangkar itu sendiri.
Jika penangkar tidak punya kemauan untuk membersihkan kandang, tentunya sangkar tidak akan bersih. 
Sebaliknya, kalau penangkar memiliki kemauan untuk membersihkan sangkar merpati, tentunya sangkar akan selalu higienis setiap harinya.
Memberisihkan sangkar paling usang yakni satu hari dua kali. Pada waktu kapan saja membersihkan kandang? Pertama kali, membersihkan sangkar dapat dilakukan pada wakatu pagi hari.
Pada ketika pagi hari, akibat burung merpati dimandikan dan kemudian dijemur. Saat itulah kita dapat membersihkan kandang. Kita dapat leluasa untuk membersihkan kandang. 
Waktu yang kedua yakni pada sore hari. Pagi hari dan sore hari yakni waktu yang sempurna untuk membersihkan sangkar alasannya pada ketika itu burung dapat dijemur di luar kandang. 
Pada ketika proses penjemuran itulah ktia dapat memberishkan sangkar tanpa harus terganggu dengan adanya burung di dalamnya.  
Bagaimana cara membersihkan kandang? Caranya, pertama-tama kita keruk terlebih dahulu lantai seluruh sangkar hingga tidak tersisa lagi kotoran yang ada di dalamnya.
Kemudian lantai sangkar dipercikkan air yang dicampur dengan larutan pembunuh kuman bakteri. Pilihlah larutan yang berbau wangi. Tujuannya yakni agar sangkar merpati berbau harum dan tidak berbau busuk. 
Tunggu lantai hingga kering dari air. Setelah itu, barulah kita dapat menyapu lantai sangkar burung merpati. Setelah bersih, barulah merpati dapat kita masukkan kembali ke dalam kandangnya.  
Lantai sangkar sebaiknya dibentuk miring. Tujuannya yakni agar ketika dibersihkan memakai air, sangkar cepat kering.  
Tujuan lainnya yakni agar urinnya dapat pribadi turun ke bawah. Jadi, sangkar tidak berbau busuk. Kandang yang baik yakni yang terbuat dari semen. Mengapa begitu? Karena, semen gampang dibersihkan dan tahan lama.

Subscribe to receive free email updates:

ADS