ADS

√ Cara Mencegah Dan Mengatasi Penyakit Yang Sering Di Alami Burung Jalak Supaya Kembali Primaa

Burung Jalak merupakan salah satu jenis burung kicauan yang sudah banyak dipelihara oleh pecinta burung kicau, alasannya yaitu kepandaianya pada ketika berkicau atau dapat menirukan bunyi jenis burung yang lainnya. Akan tetapi, ketika merawat burung Jalak terkadang mengalami duduk kasus perkara ibarat terserangnya oleh penyakit .

Burung Jalak yang sedang Mengalami gangguan penyakit pada umumnya akan memperlihatkan tanda-tanda. Diantaranya ialah nafsu makan menjadi menurun, mata burung terlihat sayu dan matanya juga terlihat mengantuk.

Selain hal tersebut untuk menganalisa tanda-tanda penyakit juga dapat dilihat dari kotoran/fases burung yang menjadi cair. Pada bab bulunya yang terlihat kusam, sayap burung yang menjadi lunglai.

Selanjutnya dapat juga ditandai dengan burung yang seringkali gemetaran, paruh burung menjadi sering terbuka, dan burung seringkali terlihat hanya  diam saja. Kemudian dapat dilihat pada bab ekornya yang nampak kotorannya melekat pada kloakanya.


Pencegahan Penyakit Burung Jalak
Apabila banyak sekali macam tanda-tanda tersebut dialami oleh burung Jalak peliharaan anda, maka dapat diartikan bahwa burung tersebut dapat dijamin sedang mengalami salah satu penyakit.

Untuk burung Jalak ini, pada jenis penyakit yang sering mengganggunya diantaranya ialah berak darah, dan juga Susah berak. Selain hal tersebut juga dapat terjangkit oleh gangguan pencernaan, gangguan pernafasan, penyakit cacingan, masuk angin, radang mata, dan lain-lain sebagainya.

Berak Darah 
Pada ketika Burung Jalak terjangkit oleh penyakit berak darah, maka semua bab tubuhnya akan terlihat lesu, mulai dari mata, sayap, sampai dengan bulunya yang berwarna kusam.

Tak hanya itu saja, ciri-ciri dari penyakit ini pada umumnya ditandai dengan kotorannya cair/mencret, atau kotorannya terlihat encer dan warnanya kemerahan. Jika sudah mengalami tanda-tanda tersebut, maka cara pencegahan penyakit burung jalak tersebut harus segera dilakukan.

Sebaiknya sementara waktu anda dapat kurangi porsi makananya semoga usus yang terluka dapat lebih baik kondisinya. Usahakan juga untuk memperlihatkan pakan yang lunak atau halus-halus, ibarat voer yang sudah dicampur dengan air hangat. Atau anda juga dapat memperlihatkan obat yang ada untuk memberantas basil pada unggas.

Sesudah dilakukan dengan pengobatan, selanjutnya burung Jalak dapat terhindar dari penyakit berak darah lagi. Maka dari itu, anda perlu melaksanakan serangkaian cara pencegahan, diantaranya ibarat mencuci kandang dari kotoran serta bekas penumpukan masakan yang sudah basi. Perlu diingat juga untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Susah Berak 
Penyakit sulit berak yang sering menyerang pada burung Jalak ini lain halnya dengan penyakit berak darah. Burung Jalak yang terjangkit oleh jenis penyakit susah berak ini akan terlihat cukup riskan dan menderita. Hal ini biasanya diakibatkan lantaran adanya penyumbatan yang ada pada bab kloaka yang menjadikan kotoran tersebut menjadi tidak dapat keluar dengan lancar.

Untuk Pencegahan dari penyakit burung Jalak yang ibarat susah buang air besar ini paling gampang untuk dilakukan. Anda dapat mencobanya dengan memasukkan minyak goreng yang masih bersih/murni ke dalam dubur burung Jalak dengan memakai cutton bud.

Hal ini tujuannya tak lain ialah untuk mempermudah burung Jalak tersebut untuk mengeluarkan kotorannya. Bisa juga anda berikan pakan yang baik untuk proses pencernaannya ibarat pakan kroto segar, pisang kepok, serta buah pepaya.

Gangguan Pencernaan.
Penyakit gangguan percernaan yang seringkali terjadi pada burung Jalak ialah tak  lain dengan penyakit berak darah. Akan tetapi, pada jenis penyakit ini menjadikan burung Jalak dapat terlihat mengalami gangguan yang aneh. Misalnya saja ibarat berjingkat-jingkat pada ketika buang kotoran.

Untuk Pengobatan pada burung Jalak yang seringkali mengalami gangguan pencernaan ini dapat dilakukan engan cara membersihkan kandang secara rutin. Entah itu membersihkan kotorannya  dan juga dapat dengan membersihkan semua wadah masakan dan minumannya.

Untuk mencegah penyakit burung Jalak juga dapat anda lakukan dengan cara santunan masakan yang bernutrisi. Supaya burung Jalak tersebut tidak mengalami gangguan pencernaan lagi, usahakan jua anda memperlihatkan masakan yang sehat dan juga bersih.

Pada ketika anda akan memperlihatkan pakan jangkrik terlebih dahulu hilangkan kaki dan juga kepalanya.

Subscribe to receive free email updates:

ADS