ADS

√ Penyebab Utama Indukan Lovebird Tidak Mau Bertelur

Di pembahasan artikel ini saya akan menjelaskan terkait penyebab indukan lovebird yang sulit untuk bertelur disebabkan lantaran faktor tertentu yang menciptakan indukan lovebird menjadi enggan untuk bertelur.

dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa penyebab yang menjadikan burung lovebird menjadi gagal berproduksi.


Lovebird merupakan salah satu jenis burung yang monomorfik seksual, dengan sifat tersebutlah terkadang pemelihara burung sering salah dalam membedakan antara burung yang jantan dan betina.

Burung Lovebird  jantan dan betina kalau diperhatikan memang cukup menyerupai sekali, hampir tidak ada perbedaan di antara keduanya. Hanya saja yang bisa membedakan keduanya hanyalah orang yang sudah hebat dalam pembudidayaan lovebird.

burung lovebird  pada ketika di alam liarnya dikenal dengan sangat gampang untuk bertelur dan juga gampang untuk mengerami telur-telurnya.
Selama indukan masih produktif, hal ini akan berlangsung secara terus-menerus di alamnya.

Akan tetapi pada ketika dalam penangkaran terkadang dijumpai banyak sekali duduk kasus menyerupai lovebird yang sulit untuk bertelur.

Jika sudah menyerupai itu, seringkali pemelihara Lovebird mulai cemas, terutama mereka yang gres terjun ke penangkaran burung Lovebird.

Selain hal tersebut permasalahan yang sering tiba juga banyak sekali macam, mulai dari Lovebird susah dijodohkan, indukan betina yang tidak ingin bertelur, hingga indukan yang membuang telur-telurnya sendiri.

Masalah Lovebird Sulit Untuk  BerTelur 
Lovebird yang tidak kunjung bertelur yaitu duduk kasus umum yang sering ditemukan pada penangkar pemula yang gres mulai untuk membudidayakan burung lovebird.

permasalahan umum yang sering terjadi ialah menyerupai Lovebird sudah terlihat kawin akan tetapi pada ketika anda menunggu kurang lebih 10 hari, burung betina tak kunjung bertelur.

Penyebab Lovebird yang Sulit Bertelur 
Ternyata selain salah menentukan pada ketika membedakan jenis kelamin antara jantan dan betina, ada beberapa penyebab lain yang menciptakan lovebird sulit untuk bertelur.

Adapun penyebab lovebird yang sulit untuk bertelur ialah sebagai berikut:
1. Usia betina 
Penyebab lovebird yang susah untuk bertelur bisa jadi disebabkan lantaran burung tersebut belum mapan/ masih belum siap untuk bertelur.

Apabila anda menjodohkan indukan yang masih muda maka kemungkinan sangat kecil untuk burung lovebird betina tersebut bisa bertelur.

Apabila Anda hendak menginginkan lovebird betina cepat bertelur maka anda bisa menentukan betina dengan umur yang cukup matang. alasannya yaitu Usia yang pas yaitu berusia 10 bulan samapi 12 bulan untuk jenis yang non klep dan 1 tahun untuk jenis lovebird klep.

Agar bisa cepat bertelur, maka lovebird betina memang harus di usahakan memiliki umur yang matang.

akan tetapi pada ketika Anda hendak mengambil calon indukan betina, maka pilihlah betina dengan usia yang matang menyerupai yang sudah saya jelaskan di atas.

2. Jenis betina 
Anda bisa menentukan lovebird jenis klep dan non klep untuk dijadikan betina, lantaran jenis ini begitu memungkinkan untuk cepat bertelur.

Namun, Anda jangan pernah mencoba untuk mengawinkan indukan jantan dengan betina yang berjenis semi klep. Sebab, jenis ini memiliki sifat mandul atau infertil, Sehingga pada ketika Anda mengawinkan pejantan dengan betina jenis ini maka tentunya tidak bisa menghasilkan telur.

Namun, Anda bisa merubah jenis betina tersebut dengan jenis klep atau jenis non klep, semoga sanggup menghasilkan telur.

3. Usia belum mapan
Usia ideal untuk burung lovebird yang telah siap di kawinkan yakni sekitar 8 hingga 12 bulan, itupun lovebird telah menginjak masa birahi.

Jika lovebird belum cukup mapan dan sudah birahi, maka hal ini sanggup menjadikan lovebird akan cepat bertelur, akan tetapi benih dalam telur kosong.

4. Egg binding 
Ada pun lovebird yang tidak bisa mengeluarkan telurnya dikarenakan telur yang ada dalam perut lovebird melekat dalam dinding rahimnya.

Egg binding ialah suatu permasalahan yang sering terjadi pada burung lovebird dimana telur tersebut akan lengket dan burung tidak sanggup mengeluarkan telurnya lantaran postur burung tersebut yang kecil.

Permasalahan yang menyerupai ini bisa menjadi suatu hal yang sangat serius kalau tidak segera ditangani.

selain hal tersebut, untuk telur lengket yang tidak bisa dikeluarkan sanggup menjadikan hipotermia yang menciptakan kotoran tidak bisa keluar, dan pada jadinya menjadikan burung mati.

5. Sesama jenis 
Penyebab lovebird yang susah untuk bertelur yakni dikarenakan burung lovebird tersebut yang tergolong monomorfik seksual , contohnya jantan dengan jantan, dan betina dengan betina.

meskipun terlihat jantan dengan jantan kawin, akan tetapi tidak akan menghasilkan telur.
sedangkan kalau betina dengan betina terlihat kawin, maka akan menghasilkan telur namun telur tersebut tidak dibuahi.

6. tidak berjodoh
hal terakhir yang terjadi pada burung lovebird tak kunjung bertelur ialah disebabkan lantaran tidak jodoh atau tidak mau berjodoh dengan burung tersebut.

hal ini bisa di lihat dengan sikap betina yang terlihat saling menyerang dan juga saling menggigit.
sebaiknya anda lakukan kiat-kiat cara penjodohan yang benar yang sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya.

demikianlah klarifikasi yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

ADS