ADS

√ Cara Gampang Membedakan Jenis Kelamin Anakan Murai Batu

Burung Murai Batu merupakan salah satu jenis burung kicauan yang sangat populler sekaligus mempunyai nilai jual yang sangat tinggi. Maka dari itu, untuk membeli anakan dari burung Murai Batu ini membutuhkan pengetahuan khusus. Terlebih lagi bila melihat jenis kelaminnya.

Untuk Membedakan jenis kelamin anakan Burung Murai Batu bekerjsama sangat penting untuk dilakukan. Karena melihat harga burung murai yang berjenis kelamin jantan dan betina ini memang berbeda jauh.

Tak hanya itu saja, untuk sanggup memperoleh bunyi dan kicauan yang bagus, usahakanlah anda sanggup mendapat burung Murai Batu yang berjenis kelamin jantan.

Maka dari itulah, sangat penting sekali bagi anda untuk memahami jenis kelamin Murai Batu ini. Jangan hingga salah pada dikala menmilih jenis kelamin dari burung ini.

Maka dari itu, berikut ini akan diterangkan ciri-ciri Murai Batu jantan dan betina sebagai panduan untuk anda.

Cara Membedakan Jenis Kelamin Anakan Murai Batu
Untuk Mengetahui perbedaan jenis kelamin anakan Murai Batu memang sanggup dikatakan tidak mudah. Dengan demikian, sekalipun sebagai peternak terkadang masih mengalami kesulitan pada dikala membedakannya.

Akan tetapi, minimal ada ciri khusus yang sanggup anda gunakan untuk membedakan antara burung Murai Batu jantan dan juga betina pada dikala masih anakan.


Anakan Murai Batu Jantan 
Murai Batu berjenis kelamin jantan anakan ditandai dengan beberapa ciri khusus yang sanggup anda bedakan dengan jenis Murai Batu betina , diantaranya yakni menyerupai berikut.

Murai Batu anakan yang berjenis kelamin jantan mempunyai bentuk kepala yang lebih lebar dan juga besar serta terlihat membentuk kotak.

Kemudian untuk potongan paruhnya juga terlihat lebih tebal serta memanjang dengan mata yang sedikit menonjol keluar.

Kemudian pada warna hitam yang ada pada tubuh anakan jantan pada umumnya juga lebih legam dan juga terlihat lebih mengkilat.

Kemudian pada warna hitam pada potongan lehernya terlihat membentuk garis-garis, yang tampak legam.

Selain hal tersebut, juga terdapat bulu bintik-bintik yang berwarna kuning tegas pada potongan dadanya. Kemudian pada bulu yang berwarna cokelat pada sayap serta potongan dada dengan bentuk bintik-bintik.

Sedangkan untuk postur tubuh Murai Batu berjenis kelamin jantan anakan mempunyai tubuh yang ukurannya lebih besar serta lebih panjang (bongsor).

Untuk suaranya pada dikala lapar pada umumnya akan terdengar lebih ngebas/besar.

Anakan Murai Batu Betina 
Sedangkan untuk membedakan jenis kelamin anakan Murai Batu yang berjenis kelamin betina anda juga sanggup melihat ciri-cirinya sebagaimana berikut ini.

Pada potongan kepala burung Murai Batu berjenis kelamin betina ini tampak lebih kecil. Dan pada potongan paruhnya juga terlihat lebih tipis dan juga terlihat lancip. Kemudian pada warna hitam bulunya bila diperhatikan akan terlihat keabu-abuan.

Tidak hanya itu saja, pada warna bulu dadanya juga terlihat memutih. Kemudian, untuk warna hitam pada garis di lehernya terlihat keabu-abuan.

Untuk Postur badannya juga terlihat lebih kecil dan lebih pendek. Suaranya juga terdengar lebih kecil alias terdengar cempreng.

Untuk Membedakan jenis kelamin dari anakan Murai kerikil ini sangatlah penting untuk dilakukan. Sebab, bila anda ingin memeliihara dan merawat burung Murai kerikil yang tujuannya untuk dijadikan sebagai burung lomba, maka anda dihentikan salah dalam menentukan kedua jenis kelamin tersebut.

Burung Murai Batu yang sanggup mengeluarkan bunyi bervariasi dan berkualitas yakni yang berjenis kelamin jantan. Jadi,  jika anda salah pada dikala membedakan jenis kelamin anakan Murai Batu tersebut, maka anda tidak sanggup mendapat burung Murai Batu  yang anda inginkan. Jadi, usahakanlah pada dikala membedakan jenis kelaminnya harus cermat.

Subscribe to receive free email updates:

ADS