ADS

√ Cara Merawat Dan Mengatasi Lovebird Tiba-Tiba Lumpuh Atau Stroke

Artikel ini ialah lanjutan dari pembahasan penyebab lovebird tiba-tiba lumpuh atau stroke, bila anda sudah membacanya niscaya akan tahu penyebab dari lovebird yang terkena stroke atau tiba-tiba lovebird tidak dapat jalan tersebut.

banyak penyebab yang menjadikan lovebird menjadi lumpuh atau tidak dapat berjalan secara tiba-tiba,salah satunya dari mulai perawatan yang salah, dan juga lantaran kurangnya perhatian dalam kondisi pakan dan kandang.

penyebab dari kondisi yang tidak diperhatikan dapat menjadikan lovebird menjadi lumpuh atau stroke.


lovebird yang terkena stroke atau lumpuh tidak dapat beraktifitas menyerupai biasanya, bahkan untuk mengambil masakan dan minuman-pun tidak akan bisa, bila dibiarkan maka akan menimbulkan janjkematian lantaran kelaparan.

maka dari itulah anda harus dapat mengatasi dan menyembuhkan kembali penyakit pada burung lovebird yang terkena lumpuh tersebut.

di bawah ini saya akan menjelaskan cara penanganan dan perawatan yang harus anda lakukan pada ketika burung lovebird mengalami kelumpuhan.

1. Pindahakan lovebird ke daerah yang memiliki alas
langkah pertama yang harus anda lakukan ialah memindahkan burung lovebird tersebut ketempat yang memiliki alas. karena, lovebird yang mengalami kelumpuhan tidak dapat berpijak dengan baik. bila sangkar yang anda gunakan ialah kawat atau besi maka dapat menjadikan cedera pada penggalan tumit kakinya.

maka anda harus memindahkan di daerah atau wadah yang ber-alas handuk ataupun karpet, atau anda juga dapat memakai materi sarang untuk ganjal (bawahan) mengggunakan serabut kelapa. alasannya ialah memiliki daya suhu yang sangat baik untuk lovebird.

2. dekatkan masakan dan minuman di daerah lovebird
sehabis anda memindahkan lovebird ke daerah yang memiliki alas, maka selanjutnya anda menyediakan daerah masakan atau wadah minuman ketempat lovebird tersebut.
untuk penempatan masakan dan minuman usahakan jangan jauh-jauh alasannya ialah lovebird tidak akan dapat mengambilnya. maka dari itu anda harus mendekatkan masakan dan minuman sedekat mungkin dengan daerah lovebird tersebut biar dapat di jangkau.

anda juga dapat memperlihatkan masakan dengan menyuapinya secara pribadi memakai tangan anda.
namun kebanyakan lovebird yang sudah cukup umur akan menolaknya untuk disuapinya.

3. berikan penghangat
langkah yang ketiga yaitu anda harus memastikan bahwa daerah yang dipakai oleh lovebird tersebut memiliki ruang hangat atau anda dapat memakai lampu bohlam 5 watt untuk penghangatan burung lovebird tersebut.
berikanlah jarak, kira-kira dapat menghangatkan burung lovebird tersebut.

4. berikan buah apel
dukungan buah apel bila burung lovebird keracunan logam berat. anda dapat lihat pada fases atau kotoran burung lovebird, bila encer dan berwarna coklat itu pertanda keracunan pada burung lovebird.

dukungan buah apel sangat berfungsi sebagai anti oxidant dan mengandung pectin yang berfungsi menetralisir racun dari dalam tubuh.

anda dapat memperlihatkan buah apel setiap hari dengan cara disuapi.
jangan lupa bersihkan dulu apel dan alat yang akan di gunakan untuk memotongnya.

5. dukungan vitamin
bila stroke, cedera, kehilangan keseimbangan fungsi saraf pada lovebird, maka anda dapat memperlihatkan vitamin Birdpro yang dijual di toko burung terdekat.

campurkan pada air minuman burung lovebird tersebut, dan lakukanlah setiap hari hingga benar-benar pulih.

6. dukungan BirdMineral
untuk menjaga daya tahan badan pada lovebird selama masa pemulihan, lovebird dapat diberikan multivitamin Birdmineral yang dicampurkan pada wadah minuman lovebird atau di oleskan pada pakan lovebird.

7. lakukan pemijatan.
selama masa penyembuhan anda dapat memperlihatkan pemijatan terhadap kaki burung lovebird biar tidak kaku.

ingat lakukanlah secara perlahan-lahan, jangan terlalu keras ataupun menekan.
lakukan secara hati-hati.

8. suhu
selama masa penyembuhan, burung lovebird harus tetap berada di ruangan yang hangat.

itulah klarifikasi terkait cara merawat  dan mengatasi  burung lovebird yang terkena stroke atau lumpuh secara tiba-tiba.
semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

ADS