ADS

√ Cara Mengatasi Burung Cendet Macet Mabung, Begini Caranya...

Proses Mabung yang dialami oleh setiap jenis burung kicau tergolong salah satu siklus tahunan. tak terkecuali pada burung cendet juga akan mengalami hal yang sama.

Perlu kita ketahui, jikalau proses mabung pada burung cendet ini terjadi lebih sering, dari proses mabung dua sampai dengan tiga kali dalam setahun. Ini tentunya menjadi duduk masalah serius yang sanggup mengakibatkan burung cendet tidak sanggup tampil maksimal pada dikala kontes.

Biasanya Hal ini diakibatkan lantaran burung seringkali dalam situasi masa mabung yang tidak berkesinambungan. Kemudian pada masa mabung sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni antara 2 sampai dengan 4 bulan.


Burung Cendet Macet Mabung 
Masalah lain yang seringkali terjadi yakni pada dikala proses mabung terjadi berhenti tanpa alasannya yaitu yang jelas, sebelum semua bulu bau tanah lepas. Dengan tiba-tiba burung tidak lagi menjatuhkan bulu-bulunya.

Apabila duduk masalah ini tidak segera atasi dengan baik, maka sanggup menjadi suatu duduk masalah yang lebih serius lagi. Karena, burung cendet yang mengalami mabung tidak tuntas penampilannya menjadi buruk.

Selain hal itu, Burung cendet juga tidak sanggup tampil dengan maksimal, entah itu dengan teknik ngetem, munting-munting, dan masih ada beberapa sikap jelek yang lainnya.

Cara Mengatasi Burung Cendet Macet Mabung
Ada beberapa cara yang sanggup anda lakukan jikalau menjumpai burung cendet mengalami macet mabung. Cara ini dilakukan dengan keadaan untuk menolong dan membantu merontokkan bulu-bulu cendet supaya sanggup mabung tuntas.

1. Full Kerodong
Langkah yang peratama yang diusahakan dan di kerjakan yaitu dengan mengkrodong kandang burung seharian full. Kerodong hanya dimulai ketika sudah menawarkan pakan.

Tujuannya ialah biar burung tersebut berada dalam keadaan yang tenang, dengan begitu proses rontok bulu sanggup berlangsung dengan baik.

2. Dropkan Burung 
Langkah selanjutnya ialah pada dikala burung cendet macet mabung sanggup diatasi dengan teknik dibentuk drop. Untuk metodenya yaitu dengan menghentikan derma pakan pelengkap ekstra fooding (EF). Entah itu berupa jangkrik maupun pakan kroto.

Pemberian EF terkadang sanggup mengakibatkan bulu burung biar sanggup segar kembali. Dengan demikian akan lebih susah untuk rontok.

3. Tingkatkan Pemberian EF
Apabila didropkan tidak bisa, maka teknik yang selanjutnya yaitu sanggup dengan teknik menaikkan derma pakan EF. Berikan EF loss dan tanpa batas, sebab, kadangkala sanggup membantu merontokkan bulu-bulu burung.

Pemberian EF yang ibarat ini sanggup diturunkan sehabis bulu bau tanah pada burung sudah mulai tuntas.

4.Jauhkan dari Burung Sejenis 
Burung Cendet sanggup mengalami macet mabung jikalau kondisi birahinya naik dan ingin bertarung terus. Yang pada umumnya disebabkan oleh adanya rangsangan dari bunyi kicauan burung sejenis.

Walaupun sedang mengalami mabung, ada sebagian burung cendet yang ngotot dan ingin bertarung bila mendengarkan bunyi burung sejenis.

Maka dari itiulah jauhkan burung cendet yang mabung tersebut dari burung-burung sejenis.

Dengan cara menjauhkan burung cendet mabung dari burung cendet yang lainnya sanggup membantu memaksimalkan masteran yang akan anda lakukan.

5. Mandi Sauna 
Mandi sauna merupakan suatu pilihan lain yang sanggup anda lakukan pada dikala menangatasi burung cendet yang sedang macet mabung.

Mandi sauna ini sanggup membantu merontokkan bulu-bulu burung cendet yang tidak tuntas. Sebab adanya efek lembab yang sanggup melebarkan pori-pori cendet tersebut.

Maka dari itulah, bulu-bulu bau tanah akan berjatuhan lagi serta cendetpun akan kembali meneruskan proses mabungnya.

6. Berikanlah Susu Bubuk
Meskipun belum terang ibarat apa teknik kerjanya, namun telah banyak yang menandakan jikalau susu bubuk sanggup membantu merontokkan bulu-bulu bau tanah pada dikala burung cendet mabung.

Sebab, susu bubuk ini sanggup diberikan pada burung cendet yang mengalami macet mabung. Caranya yakni dengan sedikit derma susu bubuk dicampur dengan pakan voer, selanjutnya berikanlah pada cendet tersebut.

Pemberian susu ini di usahakan dilarang jikalau bulu burung telah tuntas.

Perlu anda ingat, derma susu tidak boleh berlebihan lantaran sanggup menimbulkan burung menjadi mencret.

Subscribe to receive free email updates:

ADS