ADS

√ Penyebab Dan Cara Mengatasi Burung Murai Ngebatman Ngelowo, Beginilah Caranya...

Burung Murai kerikil ketika ini mempunyai penggemar yang sangat Banyak dan juga terus bertambah. Burung murai kerikil (Copsychus malabaricus) ini memang tergolong dari jenis burung yang mempunyai perawakan Indah dan juga bunyi yang sangat Bagus.

Akan tetapi, di samping bunyi murai kerikil yang banyak dibilang terdengar sangat merdu, lantang, dan juga bervariasi. ternyata burung dari jenis genus Copsychus ini sering menunjukkan kebiasaan yang dinilai kurang manis oleh para pecinta burung murai.

Kebiasan jelek burung murai kerikil yang sering menjadi keluhan para pecinta murai terutama sikap Ngelowo atau Ngebatman.


Perilaku yang menyerupai ini seringkali ditandai dengan sikap manja dengan membuka kedua sayapnya.

Selanjutnya burung tersebut juga akan mengeluarkan bunyi yang sangat kecil atau bahkan tidak berkicau sama sekali.

Murai kerikil juga seringkali naik turun ke bawah sangkar. Dalam hal ini dapat mengurangi nilai pada ketika lomba, dan pastinya tidak menarik pada ketika dipandang.

Sebaiknya anda juga harus dapat mengetahui penyebab burung murai kerikil sering ngelowo.

Penyebab Murai Batu Ngebatman Ngelowo 
Untuk anda yang sedang mengalami permasalahan burung murai kerikil menyerupai ngebatman, maka perlu anda ketahui terlebih dahulu penyebab dan cara mengatasi murai kerikil ngelowo menyerupai berikut ini:

1. Kalah Mental Pada Saat Tarung 
Mengatasi burung murai kerikil ngebatman yang disebabkan oleh penurunan mental stelah kalah bertarung sangatlah mudah.

Anda dapat mengatur santunan masakan murai kerikil yang berupa EF menyerupai serangga jangkrik. Akan tetapi, pada ketika menawarkan pakan EF tidaklah diberi batasan dengan jumlah-jumlah tertentu, tetapi terus diberikan semau burung.

Jika murai kerikil peliharaan anda tidak mau, maka anda dapat menghentikan pemberiannya.

Kemudian, selama 1 hingga dengan 2 bulan usahakanlah burung yang turun mental tersebut dihentikan dipertemukan dengan burung yang lainnya.

2. Over Birahi
Burung murai kerikil yang ngebatman juga dapat disebabkan oleh sikap over birahi, usahakan burung tersebut jangan dilombakan terlebih dahulu dalam waktu 1 hingga 2 bulan, hingga hingga mentalnya kembali.

Cara mengatasinya anda dapat meminimalisir atau mengurangi Pemberian Pakan EF menyerupai serangga jangkrik ataupun kroto.

Langkah selanjutnya yaitu Rutin mengembunkan burung murai tersebut pada ketika pagi hari, dan kurangilah usang waktunya pada ketika penjemuran.

Berikan juga multivitamin secara teratur untuk mengembalikan kondisi burung tersebut.

3. Terlalu Jinak 
Burung murai kerikil yang terlampau jinak juga dapat menjadi ngelowo jinak.

untuk cara mengatasi burung murai kerikil ngebatman lantaran disebabkan sikap terlalu jinak, anda dapat melakukannya dengan mengubah kebiasaanya pada ketika menawarkan pakan EF menyerupai halnya jangkrik.

Jika pada umumnya, Pakan jangkrik diberikan dengan cara disuapkan secara pribadi memakai tangan, maka segera mungkin anda hentikan kebiasaan tersebut.

Kemudian untuk santunan pakan jangkrik dapat anda lakukan dengan cara dilempar ke dalam kandang atau wadah pakan.

Hal ini bertujuan biar burung mau mengejarnya dan juga dapat lebih girass.

Maka Dengan demikian, burung tersebut dapat menjadi lebih terhindar dari sikap menyerupai jinak ini.

4. Faktor Penjemuran 
Jika anda sudah memperkirakan bahwa burung murai kerikil berperilaku ngebatman tidak diakibatkan lantaran penurunan mental, over birahi, ataupun sikap terlalu jinak.

Maka Dengan demikian, hal yang harus anda lakukan yakni dengan lebih memperhatikan proses penjemuran setiap hari yang diberikan.

Sebab, untuk proses penjemuran yang berlebihan ataupun dalam jangka waktu yang cukup lama, maka dapat menimbulkan terjadinya sikap ngelowo.

Maka dari itulah, usahakan pada ketika penjemuran setiap harinya harus dapat mengontrol waktu dan dapat di sesuaikan dengan huruf burung itu sendiri.

Subscribe to receive free email updates:

ADS