ADS

√ Jenis Burung White Throated Dipper Yang Bisa Menerjang Arus Deras Sungai

Jenis burung yang ada di alam sangatlah banyak, Mereka mempunyai karakter, ciri khas, dan juga keunikan yang berbeda-beda. Salah satu dari jenis burung yang ada di alam ini ternyata ada juga yang mempunyai keterampilan yang sangat unik.

Memang tidak semua jenis burung mempunyai keterampilan berenang serta berlangsung di dasar sungai.

Akan tetapi, burung jenis ini sangatlah menarik ialah sanggup mempunyai kemampuan untuk berenang, bahkan bisa melakukannya di sungai yang berarus deras sekalipun.
Burung yang mempunyai kemampuan menarik ini disebut dengan burung White Throated Dipper.


Burung ini diketahui sering menghabiskan waktunya hanya untuk bermain-main di anutan sungai Seperti halnya burung cekakak atau tengkek udang.

Walaupun jenisnya berbeda, akan tetapi kedua spesies ini mempunyai persamaan Diantaranya yakni untuk mencari masakan yang ada di dalam air.
Namun, berbeda halnya dengan burung cekakak, burung White Throated Dipper ini akan berenang serta berlangsung di dasar sungai yang mempunyai arus deras, yakni dengan memakai kaki serta kedua unsur belahan sayapnya.

Daerah Persebaran jenis burung White Throated Dipper ini sanggup dijumpai diberbagai wilayah, di antaranya Eropa, Asia Tengah, India, dan Timur Tengah.

Perilaku dari Burung White Throated Dipper Apabila 
Berbagi macam burung yang sering menghabiskan waktunya hinggap di dahan pohon, maka jenis burung White Throated Dipper malah menghabiskan waktunya hanya untuk bermain-main air di sungai.

Hal ini sebabkan lantaran sarangnya memang ada pada celah-celah bebatuan yang ada di sekitar sungai. Burung ini terkadang menyusun sarang yang ada di batang pohon yang terbawa oleh arus serta tersangkut di tepian sungai.

Oleh lantaran itu, tak heran kalau jenis burung White Throated Dipper ini mempunyai keterampilan berenang dan juga bisa berjalan di anutan sungai yang sangat deras.
Bahkan, burung White Throated Dipper (Cinclus cinclus) yang menarik ini sering masuk ke dalam anutan arus air sungai untuk mengamankan dirinya apabila terlihat ada predator yang akan menyerang burung tersebut.

Sehingga dengan perilakunya yang menarik ini, semua predator akan merasa lengah untuk menyerang jenis burung tersebut. Di Sebabkan oleh sikap uniknya, White Throated Dipper ini dijuluki sebagai burung akuatik, Bahkan dari jenis spesies ini seringkali mencari pasangannya yang ada di akrab anutan sungai.

Selanjutnya burung-burung itu akan menciptakan dan merangkai sarang yang ada di celah-celah kerikil yang ada di sekitar sungai tersebut. Terkadang kedua jenis pasangan ini menciptakan sarangnya pada sebuah batang pohon yang terbawa oleh arus.

Dan pada ketika dirinya merasa terganggu oleh predator yang lainnya, maka burung ini akan segera masuk ke dalam air untuk menyelamatkan diri dari gangguan yang menyerangnya tersebut.

Jenis Burung White Throated Dipper ini mempunyai sikap yang unik ialah paling gemar menghabiskan waktunya dengan bertengger di atas bebatuan yang ada di pinggir dan di tengah sungai. Perilakunya pada waktu mencari masakan ini juga sanggup dikatakan hampir sama dengan tengkek udang yang mencemplungkan tubuhnya ke dalam air untuk menciduk mangsanya.

Keunikan Burung White Throated Dipper 
Keunikan dari jenis burung ini yakni burung ini akan tetap terlihat santai meskipun anutan air sungai yang cukup deras. Burung ini malah tetap asyik dan santai untuk mencari ikan-ikan kecil di sekitaran anutan sungai.

Tak hanya itu saja, burung ini juga seringkali mencemplungkan diri ke dalam anutan sungai sambil berjalan-jalan di dasar sungai tersebut. Meskipun tubuhnya sempat terseret oleh anutan sungai, burung ini akan tetap menerjang derasnya anutan air sungai.

Kemampuan yang dipunyai oleh burung Jenis White Throated Dipper ini tidak hanya berenang saja. Akan tetapi, burung ini juga mempunyai bunyi kicauan yang terdengar cukup merdu.

Kicauan yang dikeluarkan dari burung ini digunakan untuk memikat pasangan. Burung ini akan menari dan memikat calon pasanganya biar terpukau.

Subscribe to receive free email updates:

ADS