ADS

√ Cara Jitu Budidaya Walet Dengan Baik Dan Benar

Apakah anda sudah mengetahui wacana burung walet rumahan yang sangat menguntungkan untuk di jadikan bisnis budidaya?

Pada Umumnya burung walet akan diundang dan akan menetap dalam sebuah bangunan kosong yang disediakan oleh pemilik untuk budidaya walet ini.

Burung walet yaitu salah satu jenis burung yang mempunyai serpihan ekor panjangnya dengan sayap yang meruncing. Pada Bagian bawah tubuhnya burung walet mempunyai warna coklat dan di atasnya berwarna hitam pekat.

Sebenarnya burung walet berbagai hidup di wilayah sekitar pantai. Sarang mereka juga menjadi salah satu jenis sarang yang menghasilkan air liur yang bisa dimanfaatkan oleh manusia.


Burung walet juga hidupnya sangat banyak yang berada dalam kawanan koloni dan jarang terpisah dari kelompoknya. Oleh alasannya yaitu itu, saat anda ingin mencoba untuk memancing kawanan burung  walet ini, maka mereka bisa tiba bergerombol.

Cara Budidaya Walet Untuk Pemula 
Saat anda ingin mencoba membudidayakan burung walet, maka anda bisa menggunakan cara budidaya walet rumahan. Ada beberapa faktor utama yang butuh dipertimbangkan oleh anda saat budidaya walet untuk pemula menyerupai sarana prasarana, modal perjuangan dan skill atau kemampuan yang harus dimiliki.

Pembibitan
Untuk pemilihan bibit atau indukan, anda sanggup menggunakan burung sriti untuk awal indukannya.
Sebaiknya di usahakan burung sanggup bersarang di gedung yang baru. Anda sanggup memancing atau memikat dengan cara memutar rekaman bunyi burung walet atau sriti masing-masing saat jam 04.00 sampai jam 06.00 sore.

Pemeliharaan
Pemeliharaan yang harus anda lakukan dalam budidaya walet untuk pemula ialah ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Mulai dari perawatan ternak, sumber pakan serta pemeliharaan gedung ataupun sangkar yang dipakai untuk budidaya walet.

Perawatan burung walet setelah masa penetasan telur seringkali anakan burung tersebut tidak sanggup makan sendiri. Dengan begitu, anda harus menyuapi dengan kroto sekitar 3 jam sekali.

Jika pada umurnya sudah mencapai usia 10 hari, anda bisa memindahkan anakan burung tersebut ke dalam kotak khusus yang mempunyai alat penghangat pada masing-masing sudutnya.

Setelah berumur 43 hari anakan burung telah bisa terbang. Sumber pakan burung walet seringkali akan mencari makanan sendiri diluar bangunan.

Makanan untuk jenis burung walet ini berupa serangga kecil.
Tetapi untuk makanan tambahan, anda harus bisa menempatkan tanaman tumpang sari di sekitaran bangunan tersebut.

Perhatikan pula kebersihan gedung dari kotoran burung.

Perhatikan suhu dan kelembabannya
Dalam budidaya walet, anda harus memperhatikan juga kelembaban dan suhu lokasi daerah tinggal walet.

Suasana alam untuk bangunan lokasi daerah tinggal walet sangatlah berperan penting.
Anda harus bisa menciptakan walet menyukainya. Seperti menciptakan rumah atau sangkar walet menjadi tenang, gelap dan lembab.

Kelembaban ruang bangunan dianjurkan mempunyai kelembaban sekitar 80 sampai 95%. Sedangkan pada suhu udaranya berkisar antara 24 sampai 26 derajat celcius.

Anda sanggup menentukan genteng press yang terbuat dari tanah liat sebagai atapnya, semoga suhu ruangan lokasi daerah tinggal walet  menjadi stabil.

Hama dan penyakit 
Dalam budidaya walet rumahan, anda juga harus perhatikan pada jenis penyakit dan hama burung walet tersebut. Karena hama sanggup memberi akhir yang tidak baik untuk kesehatan maupun sarang burung walet yang nantinya akan dihasilkan.

Oleh alasannya yaitu itu, anda harus tetap memperhatikan gedung dari hama maupun sumber penyakit.
Hamanya berasal dari kecoa, semut, tokek, tikus dan cicak.

Masa panen 
Anda sanggup memanen burung walet dengan tiga teknik yaitu panen rampasan, panen buang telur dan juga panen penetasan.

Ketiga teknik panen ini dalam budidaya walet tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Anda sanggup menentukan mau menggunakan metode panen yang mana?
Yang jelas, dengan teknik dan cara khusus untuk budidaya walet pemula yang sudah saya bagikan ini, semoga sanggup memperlihatkan yang baik untuk anda.

Anda sanggup menerapkan budidaya burung walet dengan benar tanpa haruss merusak populasi mereka.

Subscribe to receive free email updates:

ADS