ADS

Perlengkapan Untuk Ternak / Budidaya Burung Parkit Sederhana

Dalam budidaya parkit, hal yang paling diperhatikan ialah perlengkapan kandang. Kenapa perlengkapan sangat diutamakan? itu bertujuan supaya parkit tersebut sanggup tumbuh dengan baik. Adapun perlengkapan yang dipakai ialah sebagai berikut :  
 hal yang paling diperhatikan ialah perlengkapan sangkar Perlengkapan Untuk Ternak / Budidaya Burung parkit sederhana
  • Tempat bertelurnya burung parkit
Biasanya kawasan bertelurnya burung terbuat dari triplek yang diberi lobang kecil dimana lobang tersebut ialah kawasan masuknya burung parkit. Sebaiknya kawasan bertelurnya burung parkit disediakan dalam jumlah banyak, supaya burung parkit sanggup leluasa bertelur. Diusahakan kawasan bertelurnya burung parkit terbebas dari gangguan binatang-binatang yang berbahaya. 
  • Tempat untuk bertengger
Seperti sangkar burung pada umumnya, harus dilengkapi dengan tenggeran. Biasanay tenggeran itu terbuat dari kayu yang kokoh dan tidak gampang patah. Kenapa harus yang kokoh? Karena burung parkit ini biasa menghancurkan kayu dengan memakai paruhnya.
  • Tempat untuk makan dan minum
Biasanya burung parkit ialah burung yang sangat sedikit dalam mengkonsumsi minum. Jadi, kawasan air minumnya jangan terlalu besar alasannya ialah sanggup memakan kawasan kandang. Sedangkan untuk kawasan pakan harus diletakkan di kawasan yang strategis yaitu kawasan yang rendah supaya anak burung parkit supaya gampang makan sendiri. Sebaiknya kawasan pakan jangan didekatkan dengan kawasan air minum alasannya ialah kalau pakan terkena air burung parkit tidak akan mau memakannya lagi.  
Biasanya kawasan pakan dibuat dengan memakai triplek dibuat menyerupai nampan plastik. Untuk menghindari berebutnya burung parkit dalam mengonsumsi makanan, maka setidaknya ada tiga buah kawasan pakan. 
  • Kain untuk menutup sangkar supaya tidak pribadi terkena sinar matahari
Dalam memelihara burung parkit epilog sangkar sangat diperlukan, alasannya ialah cuaca yang tidak menentu sanggup mengakibatkan burung parkit menjadi sakit. Jika waktu panas, epilog sangkar sebaiknya dibuka, begitu juga sebaliknya. Jika demam isu cuek sebaiknya epilog sangkar ditutup supaya burung tidak kedinginan. Sebaiknya kain epilog sangkar berwarna hitam supaya tidak terlalu terkena sinar matahari/cahaya.
  • Lampu penerangan
Sebenarnya lampu penerangan ini tidak terlalu dibutuhkan dalam memelihara burung parkit. Maksud dari lampu penerangan ini supaya lelbih terlihat terang. Kenapa lampu penerangan juga dibutuhkan dalam penangkaran parkit? Sebab ketika burung parkit meloloh anaknya di malam hari, burung parkit mendapat pencahayaan yang cukup.

Subscribe to receive free email updates:

ADS