ADS

√ Penyebab Lovebird Suka Menggigit Kuku Dan Benda Sekitarnya

burung berparuh bengkok ini seringkali menjadi salah satu binatang yang unik di pelihara oleh banyak orang lantaran suaranya, perilaku-nya hingga pada macam-macam warnanya yang sangat indah dilihat.


banyak seseorang yang menyukai burung lovebird lantaran bertujuan untuk hiasan rumah, hobi, dan banyak sekali acara untuk berternak.
namun selain hal tersebut ada salah satu sikap lovebird yang sering menciptakan kita belum tau yaitu suka menggigit kuku, menggigit kawat hingga hancur, menggigit tangkringan yang terbuat dari ranting, bahkan ada juga yang menggigit glodok hingga berlubang dan hancur.

apakah sikap tersebut termasuk NORMAL?
mari kita bahas penyebab dan sikap lovebird yang suka menggigit.

di pembahasan kali ini saya akan menandakan sikap lovebirds yang suka menggigit dari majemuk sikap lovebirds.
1. sikap menggigit di usia muda
hal pertama yang sering kita temui pada lovebird yang suka menggigit ialah lantaran usia masih muda yang identik dengan rasa ingin tau dan sifat alaminya.
bila kita cermati, burung paruh bengkok salah satu binatang yang memang menyukai menggigit ranting, dari sikap mengunyah hingga hingga menghancurkan.
jadi masuk akal saja bila sikap menggigit di usia muda termasuk ada beberapa alasannya seperti:
a. sifat alaminya
b. membentuk gigi yang kuat
c. membentuk paruh yang kuat
d. bermain
e. mengenali benda sekelilingnya
dari 5 alasannya tersebut bila terjadi pada burung lovebird yang masih muda maka suatu hal yang sangat wajar. anda tidak perlu mengkhawatirkan sikap tersebut.

2. di picu alasannya AGRESIF
hal kedua yang sering terjadi pada burung lovebird remaja ialah memperlihatkan sikap dan sikap kasar yang berusaha menyingkirkan benda sekeliling. bila pada usia muda ialah suatu hal yang wajar, namun dikala terjadi pada usia remaja ada alasannya peralihan sikapnya yang berbeda dengan usia muda.
misal :
a. lovebird remaja yang tidak menyukai benda sekeliling
lovebird dapat saja tidak menyukai benda disekeliling kandangnya  yang membuatnya suka menggigit atau berusaha menghancurkan benda tersebut. sikap ini normal bila pada usia muda, namun dikala sudah remaja biasanya sikap tersebut memperlihatkan sikap atau gaya bahasanya.

b. bosan dengan daerah kandangnya
penempatan sangkar yang tidak sesuai dengan keinginan-nya dapat mengakibatkan bosan pada sikap lovebirds menggigit hingga menghancurkan kandang, menyerupai sangkar yang terbuat dari kawat.
biasanya bila sangkar di tempatkan di daerah yang diinginkan lovebird, maka ia akan berhenti menggigit.

c. tidak diberikan jodoh atau usang menyendiri
burung lovebird ialah jenis burung yang hidup suka berkoloni (berkelompok), bila lovebird remaja yang menunjuklan sikap menggigit pada usianya, dapat jadi hal tersebut lantaran jenuh dan bosan dengan menyendiri.
anda perlu memperlihatkan sobat atau jodoh untuk burung lovebird tersebut.

d. faktor birahi
menyerupai halnya di poin C, lovebird yang tidak diberikan pasangan akan memperlihatkan sikap alaminya, dan dikala usianya yang siap produktif burung lovebird membutuhkan pasangan-nya.

e. over birahi (OB)
over birahi pada lovebird yang suka menggigit dapat disebabkan lantaran materi pakan komplemen yang anda berikan pada burung lovebird kesayangan anda.
misal : anda memperlihatkan sayuran  kangkung, tauge, jagung anggun setiap hari, maka sikap menggigit lantaran over birahi dapat salah satu menjadi penyebabnya.

f. tidak disediakan materi sarang untuk menyimpan telurnya
faktor terakhir yang sering terjadi di kalangan peternak ialah dikala usai menjodohkan namun tidak segera diberikan glodok atau materi sarang untuk lovebird yang mengakibatkan lovebird akan menggigit benda-benda sekitar lantaran mencari materi untuk dijadikan sarang.

nah itulah klarifikasi dan pembahasan yang dapat saya bagikan.
biar bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

ADS