ADS

√ Cara Meloloh Anakan Lovebird (Piyek) - Untuk Pemula

ternak burung lovebird hingga ketika ini masih di gemari oleh banyak sekali macam kalangan dari yang muda hingga orang dewasa.
membudidayakan burung lovebird  bukanlah suatu hal yang gampang namun sangat memerlukan perawatan dan perhatian khusus semoga ternak yang di harapkan berjalan sukses.

lovebird berasal dari negara afrika yang menyebar di beberapa negara, adapun warna yang sangat variasi disebabkan lantaran hasil dari persilangan indukan dari jenis spesies yang berbeda.

uniknya ada beberapa peternak yang menyilangkan indukan lovebird dengan jantan burung parkit yang menghasilkan anakan yang sangat unik.


dibawah ini aku akan menjelaskan cara meloloh anakan lovebird dengan baik.

saran :
mungkin bagi anda yang gres memulai merawat anakan lovebird ada baiknya anda memperhatikan beberapa tips dan kiat dibawah ini, cara merawat hingga hingga membesarkanya.

- aku sarankan semoga anda tidak terburu-buru mengambil anakan burung lovebird dari indukan-nya, jikalau anda tidak memiliki keahlian khusus untuk merawatnya. alasannya sanggup mengakibatkan janjkematian pada anakan lovebird tersebut.

- anda juga perlu mempertimbangkan sebelum mengambil anakan lovebird dari indukan, jikalau anda memiliki jam kerja yang padat/kesibukan rutinitas.
perawatan membesarkan anakan lovebird membutuhkan waktu yang banyak, layaknya anda menggantikan posisi indukannya ibarat menyuapi hingga penghangatan.



kapan waktu yang sempurna untuk pemula?
jikalau anda yang tidak memiliki keahlian khusus, disarankan mengambil anakan lovebird di usia 3 ahad atau umur 1 bulan. alasannya di usia 3 ahad atau 1 bulan ini kondisi tubuh anakan sudah cukup kuat, disertai sudah tumbuh bulu sisir dan paruh pada anakan juga sudah cukup kuat.

CARA MELOLOH DAN MERAWAT ANAKAN LOVEBIRD
siapkan kawasan atau keranjang kecil yang nantinya akan di gunakan untuk menaruh anakan lovebird. berikan juga ganjal yang sanggup menghangatkan anakan burung lovebird tersebut.
( aku sarankan anda sanggup memakai materi sarang ibarat yang di gunakan indukan-nya, misal serabut kelapa, rumput teki kering,dll yang terdapat sirkulasi udara dan menghangatkan)

persiapkan :
untuk meloloh anakan lovebird anda sanggup gunakan spet atau mainan suntikan yang di jual di toko mainan.
Buang jarum suntikan-nya (bila ada). Ganti ujungnya mnggunakan karet ketapel untuk meloloh anakan burung lovebird.

gunakan masakan bubur bayi CERELAC atau bubur SUN untuk umur 0-6 bulan atau 0-12 bulan.
untuk rasa bubur CERELAC ATAU SUN aku sarankan anda menentukan rasa BERAS MERAH, alasannya menurut pengalaman aku memakai cerelac rasa beras merah lebih di sukai oleh anakan lovebird pertumbuhanyan juga cukup cepat.

cara meracik
a. siapkan kawasan atau wadah untuk bubur cerelac atau mangkok kecil
b. 1 anakan lovebird membutuhkan 1 sendok teh bubur cerelac (jika anakan lovebird ada 4 maka siapkan 4 sendok teh bubur cerelac )
c.  campurkan air hangat dengan bubur cerelac tadi, dan di aduk hingga merata. (jangan terlalu encer dan jangan terlalu kental)
d. masukan kedalam suntikan mainan tadi.

cara meloloh
untuk meloloh anakan lovebird anda harus hati-hati jangan hingga kena mata, masuk hidung atau telinga.
perlahan-lahan ketika memperlihatkan masakan ke anakan lovebird yang masih kecil. alasannya jikalau masuk ke hidung akan mengakibatkan tersumbatnya pernafasan.

- perhatian: anda tidak perlu memperlihatkan minuman pada anakan lovebird, alasannya sanggup mengakibatkan kembung, mencret, dan tersumbatnya pernafasan.

waktu yang di butuhkan untuk anda menyuapinya (meloloh)
meloloh pada anakan lovebird membutuhan 4 suapan sehari dengan jeda 4 jam.
jadi misal anda memperlihatkan masakan ke anakan lovebird pada jam 6 pagi, maka anda sanggup kembali menyuapi pada jam 10 siang, jam 2 siang, dan 5 sore.

untuk penghangatan
- cukup anda gunakan penghangatan dari sarang yang bagus. atau sanggup juga memakai lampu bohlam 5 watt.
- tempatkan wadah anakan lovebird di bawah lampu 5 watt dalam jarak 25-30cm.

nah itulah cara merawat dan meloloh anakan lovebird untuk pemula.
semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

ADS