ADS

√ Cara Ternak Burung Jalak Suren Untuk Pemula Semoga Berhasil

Burung jalak suren ialah salah satu jenis burung yang sudah banyak di pelihara oleh banyak orang, alasannya burung jalak suren merupakan jenis burung yang eksotis dan banyak penggemarnya.
selain hal tersebut, burung jalak suren juga termasuk burung yang sering di lombakan.

adapun orang yang membudidayakan burung jalak suren ini guna untuk mendapat keturunannya. 
dikarenakan pada ketika ini keberadaan jalak suren sudah jarang ditemukan di alam bebas, oleh lantaran itu dengan membudidayakannya maka akan tetap ada keberadaan dari burung jalak suren ini.


Di pembahasan kali ini, saya akan mengulas cara membudidayakan burung jalak suren guna untuk tetap melestarikan habitatnya semoga tetap terjaga keberadaanya.

1. Memilih Calon Indukan.
langkah pertama yang harus anda lakukan ialah menentukan calon indukan, pada umur jalak suren yang siap produktif ialah berusia 1 tahun hingga 2 tahun.

pastikanlah anda menentukan calon indukan yang sehat, memiliki stamina yang baik, dan juga tidak terkena penyakit apapun. semoga pada ketika proses produksinya tidak mengalami hambatan apapun.

2. pastikanlah burung jalak suren tersebut betina dan jantan
hal terpenting ialah anda harus menentukan kualitas dan juga sanggup membedakan antara burung jalak suren betina dan jantan, alasannya kalau anda salah membedakannya maka akan gagal untuk membudidayakannya.

untuk cara membedakannya sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya, silakan anda cek postingan tersebut untuk mengetahui cara dan langkah-langkah untuk membedakannya.

3. Membuat Kandang Penangkaran Jalak Suren
langkah kedua ialah dengan menciptakan sangkar penangkaran untuk beternak jalak suren.
untuk pemilihan sangkar jalak suren pastikan memiliki kandng yang berukuran 90-100cm (lebar depan) x 90-160 cm (panjang kebelakang) x 180-250 ( tinggi sangkar ).

4. Siapkan daerah untuk bertelur
sesudah sangkar sudah dibentuk maka selanjutnya yaitu anda harus menyiapkan dan menempatkan daerah untuk bertelur, yaitu ibarat kotak atau glodok yang sanggup di gunakan untuk menempatkan telur burung pada ketika berproduksi, dan siapkan juga bahan-bahan sarang pada umumnya ialah ibarat serabut kelapa, rumput teki yang sudah mengering, dan juga sanggup memakai jerami.


- kalau anda sanggup menciptakan kotak sarang burung jalak suren maka pembuatannya sanggup memakai lempengan kayu atau sanggup juga dengan triplek, dibentuk kotak dan agak sedikit besar. memiliki pintu kotak di depan sarang tersebut.

- untuk kotak sarang atau glodok, anda juga sanggup dapatkan dengan membeli di pasar satwa atau toko binatang dengan harga yang murah.

5. Cara Menjodohkan Jalak Suren
sesudah anda menyiapkan sangkar ternak untuk burung jalak suren, maka selanjutnya kedua burung tersebut dimasukan kedalam sangkar yang terpisah, usahakan jangan hingga dimasukan kedalam 1 ruangan sangkar secara bersamaan, alasannya akan menjadikan perkelahian antara jantan dan betina tersebut.
namun anda sanggup memakai sekat atau pembatas pada sangkar tersebut.


cara menjodohkan jalak suren perhatikan langkah-langkahnya:
>  Tempatkan calon indukan ke dalam sangkar yang terpisah dan letakkan sekat di antara kedua sangkar tersebut.
>  Aturlah posisi wadah pakan dalam sangkar dengan jarak yang berdekatan atau berhadapan.
>  Aturlah posisi daerah tangkringan burung searah dengan garis lurus dan berdekatan.
>  Tunggulah dalam beberapa hari, Apabila terdengar bunyi kicauan yang terdengar saling bersahutan dan ketika tidur telah mulai berdekatan, itu tandanya sudah mulai berjodoh.

sesudah terlihat berjodoh, maka lepaskanlah sekat sangkar tersebut semoga burung jantan dan betina sanggup menjadi satu kandang.

perhatikan : bahwa burung jalak suren yang telah mengenal dan tidak menyerang diantara keduanya tersebut, belum tentu kedua burung jalak suren tersebut sudah jodoh.
kalau keduanya terlihat ada yang menyerang, maka lakukan segera di semprot memakai sprayer ke badan burung jalak suren tersebut dan pisahkan kembali.

kalau cara penjodohan belum berhasil, maka lakukan sekatan pembatas pada sangkar tersebut semoga terpisah kembali.
ulangi masing-masing cara tersebut dengan mebatasi/sekatan sangkar selama 5 hari semoga penjodohan lebih maksimal.

langkah selanjutnya:
- ketika kedua jalak suren tersebut sudah terlihat berjodoh, maka selanjutkan tempatkan jalak suren yang betina pada daerah sangkar jantan. dan biarkan semoga kedua burung jalak suren tersebut saling mendekati.

- pada sore hari ialah waktu yang sempurna untuk menggabungkan antara burung jalak suren betina dan jantan, alasannya malam hari wktu yang di gunakan untuk beristirahat sehingga keduanya akan tidur bersamaan di tangkringan tersebut.

- kalau sudah berjodoh dan membuktikan perkawinan maka anda di tandai dengan burung jalak suren baik betina ataupun jantan akan mencari materi sarang untuk bertelur di dalam glodok atau daerah kotak yang sudah disediakan.

Pakan untuk budidaya Jalak Suren
pakan merupakan suatu hal yang sangat penting untuk pembudidayaan burung jalak suren, alasannya pakan yang harus anda jaga semoga berternak dengan maksimal.

selain makanan harian yang biasa anda berikan, maka anda juga memperlihatkan makanan komplemen untuk penunjang birrahi pada burung  jalak suren tersebut.

untuk pakan VOER pilihlah voer yang berkualitas baik dan memiliki sumber protein yang baik untuk kedua burung jalak suren tersebut.
selain voer anda sanggup memperlihatkan makanan ekstra fooding ibarat ulat hongkong, jangkrik, pisang kepok dan juga ektra fooding lainnya.

kalau proses perkawinan antara jantan dan betina berhasil maka jalak suren betina akan bertelur di glodok atau daerah kotak yang sudah disediakan dalam kurun waktu 14 hari sesudah perkawinan.

nah itulah cara berternak burung jalak suren semoga cepat berproduksi.
semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

ADS