ADS

√ Cara Ampuh Mengatasi Mabung Jalak Suren Biar Cepat Tuntas

mabung atau moulting - akan terjadi pada setiap burung kicau bahkan pada jenis binatang unggas lainnya. lantaran mabung adalah suatu proses pergantian bulu usang dengan yang baru.

setiap burung akan mengalami proses mabung dengan waktu yang berbeda-beda.

ibarat halnya pada burung jalak suren juga akan mengalami proses mabung yang pertama kalinya yaitu pada usia 4 hingga 5 bulan.

selama burung jalak suren mengalami proses mabung, maka kita dianjurkan untuk dapat merawatnya dengan baik dan benar, supaya proses mabung dapat segera tuntas.


bila perawatan pada burung jalak suren yang anda berikan tidak baik dan tidak benar, maka dapat menyebabkan berdampak negatif pada burung jalak suren tersebut. contohnya proses mabung akan menjadi sangat lama, dan proses munculnya bulu gres tidak kunjung tumbuh dll

di pembahasan artikel ini saya akan menjelaskan perawatan mabung pada burung jalak suren supaya tidak terjadi hal-hal jelek pada burung peliharaan anda tersebut.

PERAWATAN BURUNG JALAK SUREN
Ketika burung jalak suren mengalami mabung maka pada umumnya akan jarang berkicau, dikarenakan burung jalak suren tersebut akan mengumpulkan energi dan fokus dengan bulunya supaya cepat tumbuh dan segera tuntas.

jalak suren yang sedang mabung akan di tandai dengan banyaknya bulu-bulu halus yang awut-awutan di dalam sangkar. maka pada ketika itulah anda harus merawat burung jalak suren tersebut dengan baik dan benar.

pada proses mabung juga dapat mengalami kegagalan ketika proses sedang berlangsung dengan di tandai : pertumbuhan bulu yang sangat usang sekali ibarat macet mabung, atau tumbuh bulu hanya setengah saja, bulu gres tidak kunjung tumbuh memanjang, dll

lantaran lainnya juga dapat berdampak negatif apabila mabungnya tidak segera tuntas atau mengalami kegagalan ibarat kondisi kesehatan burung semakin menurun, bulu yang tumbuh akan kembali rusak, bulu mabung ngeriting, bulu yang tumbuh terus menerus nyulam dengan ditandai rusaknya bulu-bulu baru.


di bawah ini akan saya jelaskan cara perawatan yang  baik dan benar ketika burung jalak suren sedang mengalami mabung.
1. dukungan multivitamin
berikanlah multivitamin untuk burung jalak suren yang sedang mengalami proses mabung tersebut supaya burung jalak suren tetap vit ketika proses mabungnya sedang berlangsung.

lantaran keadaan burung jalak suren pada ketika mabung akan di tandai dengan banyak membisu dan jarang berkicau. selain hal tersebut, burung jalak suren akan mengalami penurunan kondisi badannya dan kurang vit disebabkan banyaknya mengumpulkan energi untuk memunculkan dan merampungkan bulu yang akan muncul.  

2. kerodong kandang
pada ketika burung jalak suren mengalami mabung, maka tidak di anjurkan untuk menjemur sangkar di kawasan yang panas dan kering.
lantaran suhu yang dibutuhkan jalak suren pada ketika mabung adalah kondisi yang sejuk atau lembab supaya mempercepat proses rontoknya bulu-bulu lama.

selain hal tersebut juga anda harus memperlihatkan kerodong pada sangkar supaya berisitirahat dan mempercepat proses mabungnya.

3. jauhkan dari burung lain
hal ketiga yang harus anda lakukan pada ketika burung jalak suren mengalami mabung adalah dengan mengasingkan atau memisahkan dari burung-burung lain yang memiliki bunyi kicau yang kencang dan keras. lantaran untuk menghindari burung jalak suren tersebut ikut berkicau yang mengganggu proses mabungnya.

energi yang keluar pada ketika berkicau akan menciptakan proses mabungnya semakin lama. jadi anda harus jauhkan burung jalak suren tersebut dengan jenis burung lainnya.

4. penjemuran di pagi hari
bila penjemuran burung jalak suren diperlukan, maka anda cukup menjemur di pagi hari saja sekitar jam 07.00 hingga dengan jam 07.30.
penjemuran pada jarak suren yang mengalami mabung dihentikan lama, lantaran akan menghambatnya proses mabung tersebut.

berikan penjemuran maksimal setengah jam saja untuk mendapat vitamain D dari sinar matahari.

5. jaga kebersihan kandang
pada ketika jalak suren mengalami proses mabung, maka anda harus tetap menjaga kebersihan sangkar selama 2x dalam seminggu supaya kondisi sangkar tetap terjaga. lantaran fases atau kotoran yang menumpuk akan menyebabkan berkembang biaknya benalu dan bakteri, dan dapat menyebabkan terganggunya jalak suren yang sedang mengalami proses mabung.

6. hentikan pemandian pada jalak suren mabung
pada ketika mabung, anda tidak diperkenankan untuk memandikan burung jalak suren tersebut, lantaran akan mengganggu proses munculnya bulu-bulu gres pada burung mabung.
sebaiknya anda memperlihatkan pemandian pada ketika mabung sudah selesai.

7. tambahkan makanan
proses mabung akan memerlukan energi yang sangat banyak untuk menumbuhkan bulu-bulu barunya. maka pada ketika mabung tersebut, anda harus memperlihatkan pakan 2x lebih banyak daripada hari biasanya.

contohnya : bila pada hari biasanya anda memperlihatkan jangkrik 3 ekor sehari, maka ketika sedang mengalami masa mabung anda dapat memberikannya 6 ekor jangkrik setiap harinya.

8. hindari dukungan komplemen peningkat birrahi pada burung
pada ketika burung mengalami masa mabungnya, baik yang pertama kali ataupun yang kedua kali. maka anda tidak diperkenankan untuk memperlihatkan masakan komplemen peningkat birahi jalak suren tersebut. lantaran dukungan komplemen peningkat brrahi akan menyebabkan rontoknya kembali bulu-bulu halus yang akan mulai tumbuh.

9. pemasteran
pada ketika jalak suren mengalami masa mabung, maka waktu yang sangat sempurna sekali untuk melatih pemasteran supaya menghasilkan bunyi yang panjang dan gacorr.
lantaran pada ketika mabung tersebut, burung jalak suren akan banyak membisu dan istirahat, bahkan ketika proses mabung ini berlangsung dapat lebih fokus dengan bunyi yang didengarkanya.

nah itulah klarifikasi terkait cara mengatasi mabung pada jalak suren supaya cepat tuntas dan kembali ngoceh kembali.
semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

ADS