ADS

√ 6 Penyebab Lovebird Sulit Bertelur

tahukah anda? bila burung lovebird di alam liar sangat gampang sekali bertelur, mengeram, hingga hingga menetas. bahkan sepasang lovebird akan terus menerus memperbanyak keturunan-nya selama sepasang lovebird tersebut masih dalam usia produktif.

namun kenapa ketika didalam penangkar sangat sulit untuk bertelur?
duduk perkara tersebut seringkali di temukan oleh penangkar burung lovebird yang mencicipi kesusahan untuk berternak burung lovebird.


di pembahasan kali ini saya akan menjelaskan alasan kenapa lovebird yang kita ternak tidak kunjung bertelur??
1. usia lovebird
usia lovebird sangatlah penting bagi anda yang sebagai penangkar.
disamping sebagai catatan utama sebagai peternak, anda akan tau usia yang produktif pada sepasang lovebirds.
namun bila anda belum tau usia  pada lovebirds maka anda akan merasa sulit kapan saatnya usia yang produktif tersebut.

seringkali penangkar pemula memperkirakan usia yang belum matang di jodohkan dengan usia lovebird yang jauh lebih bau tanah sehingga untuk proses perkawinan akan terhambat.

2. lovebird yang di jodohkan sama-sama jantan
penyebab lain kenapa love birds sulit bertelur ialah lantaran lovebirds tersebut sama-sama sejenis yaitu jantan dengan jantan.
kegagalan yang sering dilakukan seorang penangkar pemula ialah lantaran tidak cermat ketika menjodohkan sepasang lovebirds yang ternyata sepasang lovebirds tersebut ialah sejenis.

jangan heran bila sepasang lovebirds jantan ternyata dapat kawin dengan jantan, namun durasi yang diperlukan hanyalah sebentar kira-kira 5-10 detik saja. berbeda dengan sepasang jantan dan betina ketika proses kawin membutuhkan waktu yang cukup usang hingga 2-3 menit.

ada juga lovebirds betina kawin dengan betina, dalam perkawinan sejenis ini akan menghasilkan telur, namun telur yang dihasilkan tersebut tidak akan dibuahi (kosong). lantaran sel sperm tidak membuahi sel telur tersebut.

3. tidak jodoh
kegagalan lain bagi penangkar lovebirds ialah lantaran terlalu memaksakan sepasang lovebird yang tidak berjodoh.

bila sepasang lovebirds tidak jodoh, maka proses perkawinan akan terhambat.
kalaupun tercapai pada perkawinan. biasanya hanya sebentar saja lantaran salah satu lovebirds tersebut tidak mau berjodoh sehingga akan menjadikan stres pada salah satu lovebirds tersebut.

4. lokasi sangkar yang tidak nyaman / tidak tenang
perlu anda ketahui, burung lovebirds bila di alam liar sangatlah menyukai ketenangan disaat menciptakan sarang. alasannya ialah ketenangan akan menciptakan nyaman ketika betina dalam proses mengerami telur-telurnya. tidak menutup kemungkinan bila telur lovebirds yang dihasilkan dapat hingga 5 menetas semua.
jauh berbeda dengan penangkaran yang pada umumnya yang hanya menghasilkan telur hingga menetas 2 hingga 4 saja..

huruf dari burung lovebirds-lah yang akan menentukan produktifitas penangkaran, bila sangkar terlalu brisik dan bising akan menciptakan lovebirds susah bertelur lantaran merasa terganggu.
bila anda menginginkan proses penangkaran berhasil, maka anda perlu menentukan kawasan yang damai untuk sepasang lovebirds, biar proses kawin dan bertelur tidak terganggu.

5. banyak hewan
penyebab kelima yang sering terjadi ialah lantaran merasa terganggu dengan binatang lain ibarat kucing, tikus, dan binatang lainya.

ketika lovebirds akan bertelur, dia akan mengawasi glodok/sarang dari gangguan binatang lainya. bila dia merasa terganggu lantaran binatang lain. biasanya salah satu dari lovebirds tersebut sering melaksanakan tindakan yang tidak pernah kita harapkan ibarat merusak sarang hingga hingga membuang telurnya sendiri.

6. rasa ingin tau anda
penyebab lovebirds sulit bertelur selain gangguan dari binatang lain ialah lantaran rasa ingin tau anda sendiri. ibarat sering membuka Glodok / sarang. sehingga sepasang lovebirds tersebut akan merasa terganggu lantaran tindakan anda sering membuka glodok atau sarang.

biasanya penangkar akan memiliki rasa ingin tau yang tinggi dengan sepasang lovebirds tersebut ibarat ingin memastikan "sudah bertelur apa belum"
tapi percayalah tindakan anda demikian akan mengganggu proses bertelurnya lovebirds sehingga terhambat.

nah itulah beberapa alasannya ialah lovebirds menjadi sulit bertelur.
semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

ADS