ADS

√ Penyebab Egg Binding Penghambat Ternak Lovebird (Telur Mampet)


Pada kesempatan kali ini saya akan membahas penyebab love bird mengalami Egg binding. Setelah sebelumnya saya membahas cara mengatasi love bird yang terkena Egg binding atau susah mengeluarkan telurnya.

Di pembahasan ini saya hanya akan menjelaskan penyebab dan tanda-tandanya lovebird mengalami Egg binding (telur lengket) atau susah mengeluarkan telurnya.
Banyak penyebab yang menjadikan love bird betina susah mengeluarkan telurnya. Bahkan jikalau Egg binding ini tidak cepat-cepat diatasi, maka akan menimbulkan love bird tersebut mengalami kematian.

Apa itu Egg binding?? Bahayakah untuk Love bird??
-Egg binding (telur-lengket) atau telur terjepit yaitu telur yang sulit dikeluarkan oleh burung betina disaat mengeluarkan telurnya, dalam masalah ini biasanya duduk kasus yang sering terjadi pada burung betina yang gres pertama kali bertelur.

Bukan hanya burung love bird saja, tetapi menyerupai Burung kenari dan parkit-pun sama dapat mengalami hal serupa.
Telur yang mengalami (Terjerat)seperti lengket dapat menjadi duduk kasus yang sangat serius. Dan burung betina tersebut membutuhkan perawatan khusus.
Anda harus cepat tanggap ketika burung love bird mengalami egg binding atau telur terjerat. Jika tidak segera diatasi, maka akan berbuah jelek pada burung love bird anda.

Apa saja penyebab dari Egg binding ?
a. Infeksi pada kloaka (duburnya).
Poin pertama penyebab dari egg binding yaitu infeksi
Perlu anda cermati disaat fases burung love bird encer anda dapat cek pada kepingan duburnya.apakah mengalami bisul ataukah tidak, banyak penangkar pemula yang tidak memperhatikan pada kawasan duburnya ketika fases encer.

b. trauma pada terusan reproduksi.
Dari poin ini biasanya diakibatkan lantaran jantan lebih kasar dan over birahi yang menciptakan trauma pada terusan reproduksi betina.

c. besarnya telur
Besarnya telur pada burung betina juga sangat mempengaruhi, terkadang ada satu butir telur yang paling besar daripada yang lainya. Hal ini dapat menimbulkan betina susah untuk mnegeluarkan telurnya.

d. obesitas/kegemukan, dan duduk kasus gizi
Masalah egg binding juga dapat disebabkan lantaran asupan makanan yang tidak seimbang menciptakan burung lovebird mengalami obesitas/kegemukan, perlu anda perhatikan untuk asupan makanan yang lebih efisien semoga tidak mengalami obesitas..

Dari poin ke lima diatas itulah dapat menjadi penyebab dari Egg binding atau betina sulit mengeluarkan telur-nya.

Apa tanda-tandanya??
Burung betina yang mempunyai duduk kasus egg binding atau telur lengket sering kali pertanda seperti:
A. burung depresi dan murung.
B. nafas tersengal-sengal
C. tegang dan distensi perut
D. kotoran sedikit dan Encer
E. nafsu makan turun

Dari lima poin tersebut anda dapat perhatikan ketika burung betina mengalami Egg binding (terjerat) atau telur lengket. Biasanya gejala tersebut muncul ketika burung betina merasa kesulitan mengeluarkan telurnya. Tidak jarang banyak penangkar yang tidak mengetahui penyebab dan tingkah laris burung terkena egg binding, yang dapat menimbulkan burung lovebird mengalami janjkematian lantaran berjuang mengeluarkan telurnya itu.
Lakukanlah segera dengan penanganan yang cermat dan tidak usah panik.
Lakukan dengan hati-hati dan jangan hingga memperburuk keadaan burung betina tersebut.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

ADS