ADS

√ Cara Ampuh Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan (Gestang)


Di artikel ini saya akan membahas cara mengatasi Love bird yang mengalami gesek tangkringan (gestang). Pada artikel kemarin saya sudah menjelaskan penyebab-penyebab umum yang  bisa menjadikan sikap Love bird menjadi Gestang..
Setelah sahabat sudah megetahui apa penyebabnya.. Maka langkah selanjutnya yaitu cara mengatasi Love bird yang gestang, semoga sikap tersebut tidak terus dilakukan oleh lovebird.

Perilaku gestang biasanya terjadi pada burung lovebird jantan saja, namun tidak menutup kemungkinan bila sikap gestang juga dialami oleh burung betina.
Penyebab gestang pada betina biasanya alasannya ialah gatal pada area duburnya, dan mengalami cacingan pada area duburnya.
Jika penyebab sikap gestang pada jantan, maka ada beberapa penyebab yang sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya.

Perilaku gestang sangat mengurangi penampilan burung jantan maupun betina, dimana sikap gestang ini terkesan sangat intim atau jorok bila di pandang oleh orang lewat. Hehe
Bayangkan saja.. Jika kita lewat disalah satu rumah, namun di suguhkan dengan pemandangan Love bird yang sedang asik mengawini tangkringan. Maka fikiran kita pun sama kayak orang lain... " iuhhh ngapain tuh".
bagi orang yang belum tau mungkin pemandangan ibarat itu sangat ironis sekali, bila sikap gestang ini dibiarkan maka akan menciptakan burung tersebut tidak lezat lagi untuk dipandang.. Bahkan terlihat sangat syurrr. Hehe

Nah di artikel inilah saya akan menjelaskan beberapa poin penting yang dapat anda coba untuk mengatasi dan menyembuhkan sikap Gestang..

Apa saja cara untuk mengatasinya??
1. Berikan masakan dan sayuran yang higienis
Berikanlah makan, minuman dan sayuran yang bersih dan higienis. Setelah sahabat memahami bila salah satu penyebab love bird gestang ialah cacingan dan gatal pada area duburnya, maka sahabat harus selalu memperlihatkan makan dan minuman yang bersih, serta selalu menjaga kebersihan kandang.

2. Terapi semprot dengan air
Terapi semprot air ini dapat mengurangi kebiasaan jelek pada burung love bird yang gestang. Caranya ialah saat burung hendak mengawini tangkringan, maka lakukan segera semprot dengan air sempurna pada penggalan duburnya. Hal ini bertujuan untuk terapi dan meberikan imbas jera pada burung yang mengalami gestang.

3. Terapi tangkringan dengan Es batu
Cara yang ketiga untuk mengatasi Love bird gestang yaitu dengan cara terapi burung lovebird dengan tangkringan es batu.
Yang di maksud disini ialah anda dapat memakai tangkringan plastik yang di tengahnya ruang berlubang. Nah dari lubang itulah daerah untuk menaruh es batu. Cara ini sangat efektif dan mencegah serta memperlihatkan imbas jera pada sikap gestang.

4.Berikan pakan yang tepat
Berikanlah pakan yang tepat, bertujuan untuk membantu mengatasi dan mengurangi sikap gesek tangkringan pada lovebird. Selama masa terapi ini, hendaknya pakan yang diberikan cukup milet putih saja dan sahabat tidak perlu memperlihatkan pakan embel-embel lainnya, ibarat kangkung, toge, atau jagung manis. Karena sayuran tersebut menambah birahi Love bird.

5. Gunakan tangkringan datar
Anda dapat mengganti tangkringan yang biasa/bulat dengan tangkringan yang datar.
Gunakan tangkringan datar untuk mencegah kebiasaan jelek pada burung lovebird. Anda dapat gunakan kayu datar ibarat Kayu Reng, atau anda dapat mebelah dua dari tangkringan sebelumnya yang memakai kayu asam.

6. Sangkar tanpa tangkringan
Jika dirasa tangkringan datar tidak memperlihatkan imbas pencegahan... Maka langkah terakhir anda ialah memakai terapi sangkar tanpa tangkringan. Biarkan lovebird tersebut tanpa tangkringan, semoga mengurangi dan menyembuhkan sikap gestang.
Biarkan lovebird tersebut merambat diarea kandang. Karna hal ini sangat efektif untuk pencegahan dan penyembuhan kebiasaan jelek lovebird yang mengalami gestang.

Nah itulah cara terapi dan pencegahan dari sikap jelek Gesek Tangkringan (gestang).
Semoga bermanfaat..

Subscribe to receive free email updates:

ADS