ADS

Hermit Trush, Si Punglor Kembang Amerika

Hermit Trush di Florida
Punglor Kembang Amerika ? tentunya agak asing kedengaran ya, rupanya di Amerika ada juga Punglor Kembang. Bukan sekedar ada, tetapi keluarga Turdidae sangat banyak jenisnya di benua Amerika ini. Salah satunya ya.. sepupunya Punglor Kembang (Zoothera interpres) yang di Indonesia, yaitu Hermit Trush dengan nama ilmiah Catharus guttatus.

Catharus gutattus ini memiliki ukuran badan menengah dan terdapat di Amerika Utara. Walaupun di Amerika banyak spesies Catharus yang bermigrasi ke wilayah ini, tetapi tidak terdapat hubungan antar spesies. Hermit Trush ini justru lebih berkerabat dengan Mexican Russet Nightingale-thrush keluarga Catharus dari Mexico.

Ukuran badan spesies ini sekitar 15-17 cm, mempunyai warna putih gelap di tempat bawah sayap. Catharus remaja berwarna coklat di bab atas, dengan ekor kemerahan. Burung ini mempunyai kaki berwarna pink dan di sekitar mata terdapat cincin berwarna putih. Di tempat timur Amerika, burung ini berwarna lebih zaitun-coklat pada bab atas, sedangkan di tempat barat lebih abu-abu kecoklatan.

Habitat Catharus untuk berkembang biak di hutan adonan di Kanada, Alaska, Amerika timur bahari dan bab barat Amerika. Sarang berbentuk cangkir di erat tanah atau relatif rendah di pohon. Pada demam isu hambar burung ini bermigrasi ke Amerika Serikat bab selatan, bahkan hingga ke Amerika Tengah, tetapi sebagian bertahan tetap di wilayah utara Amerika Serikat, tepatnya di daeah pesisir negara bab dan selatan Ontario. Biasanya burung ini berkembang biak di hutan, tetapi sering juga ditemukan menciptakan sarang di taman kota.


Burung ini pada umumnya mencari makan di tanah mencari cacing di bawah lapisan tanah gembur. Burung ini juga memakan serangga dan buah-buahan mirip buah berry.

Burung Hermit Trush ini mempunyai kemampuan bernyanyi (berkicau) dengan sangat baik, mirip jenis-jenis Punglor (Anis) lainnya. Kicauannya sangat halus mirip flute. Nada awal agak tinggi, lalu turun beberapa fase nada dalam kunci minor, lalu beberapa ketika akan diulang dengan variasi yang berbeda-beda (ngeroll). Burung ini sering berkicau pada tempat yang tinggi dan terbuka.
Keunikan lain burung ini, burung ini juga suka bernyanyi di malam hari. (lihat video Hermit Trush)

Di Indonesia juga terdapat beberapa burung mirip Hermit Trush, tetapi berbeda spesies, ialah Punglor Kembang (Zoothera interpres) dan Punglor Macan (Zoothera andromeda), yang mempunyai huruf bunyi yang mirip, merdu dan sama-sama lezat di dengar. Sayangnya Hermit Trush ini, tampaknya bakalan tidak akan pernah masuk ke pasar burung di Indonesia, mengingat wilayah hidupnya yang sangat jauh.

sumber:

Subscribe to receive free email updates:

ADS