ADS

Cara Efektif Dan Unik Menjinakkan Burung Yang Susah Jinak

Kicaukan - Jika anda mempunyai burung kicau yang susah jinak atau giras, niscaya anda akan berusaha dengan segala cara biar burung cepat jinak. Tetapi bagaimana kalau anda sudah mencoba banyak sekali cara untuk menjinakkan burung, namun belum juga berhasil? Tentu ada banyak faktor yang saling mempengaruhi. Bisa jadi alasannya yaitu faktor burung itu sendiri, atau sanggup juga alasannya yaitu metode yang anda gunakan tidak sempurna bagi burung kicau kesayangan anda. Nah pada kesempatan ini kami akan membuatkan tips mengenai cara unik menjinakkan burung yang susah jinak. Cara ini mungkin tidak terkenal dan jarang dipakai oleh kicau mania. Tetapi percayalah bahwa cara-cara ini cukup efektif untuk menjinakkan burung kicau yang giras.

 Jika anda mempunyai burung kicau yang susah jinak atau giras CARA EFEKTIF DAN UNIK MENJINAKKAN BURUNG YANG SUSAH JINAK


Salah satu penyebab burung susah jinak yaitu alasannya yaitu burung tersebut hasil tangkapan hutan/masih sangat liar. Tentu dengan kondisi burung yang masih liar, membutuhkan waktu yang lebih usang daripada biasanya. Yang penting kita dilarang frustasi dan menyerah, alasannya yaitu selalu ada jalan keluar bagi yang mau berusaha. Betul ga teman kicaukan? Hehehe. Masih ada cara-cara lain untuk menjinakkan burung kicau liar yang sanggup anda coba. Tetapi semua kembali pada kemantapan hati anda, dan kami tidak memaksa. Simak artikel perihal cara unik menjinakkan burung yang sudah jinak berikut ini dengan saksama.


1. Full kerodong
Bagi teman kicaukan yang gres saja membeli burung dari pasar burung atau burung hasil tangkapan hutan, ada cara tersendiri. Caranya dengan menempatkan/menggantang burung di daerah yang hening dan jauh dari kemudian lalang manusia. Saat digantang tersebut pastikan full kerodong biar burung merasa hening untuk mempercepat penyesuaian dengan lingkungan baru. Langkah kedua, jangan pribadi dimandikan hingga berair kuyup, alasannya yaitu akan semakin menciptakan burung menjadi stress.

2. Menggunakan betina sebagai media
Cara yang kedua ini terdengar cukup unik dan aneh. Tetapi tahukah anda bahwa burung kicau ibarat hwamei mempunyai abjad yang giras dan susah dijinakkan. Nah, solusinya yaitu dengan mendekatkan burung homogen yang beda kelamin di bersahabat sangkar. Caranya, mandikan burung yang masih giras hingga berair kuyup. Setelah itu dekatkan burung betina/lawan jenis di dekatnya. Tapi ingat, gunakan burung betina yang sudah jinak. Cobalah menunjukkan pakan jangkrik pada betina dengan tangan kita. Usahakan burung yang belum jinak tersebut melihatnya biar ia merasa bahwa kita bukanlah bahaya baginya. Lakukan cara ini selama beberapa hari hingga ada kemajuan. Cara ini cukup efektif menjinakkan burung liar/giras.

3. Terapi mandi di tangan
Cara yang ketiga ini harus dilakukan oleh teman kicaukan yang sudah paham cara memegang burung yang benar. Bagi yang belum berpengalaman memegang burung kicau, harap meminta sumbangan rekan kicau mania lainnya. Hehe. Ya alasannya yaitu kalau salah memegang, sanggup jadi justru burung akan sakit. Cara terapi mandi di tangan yaitu siapkan bejana berisi air, kemudian burung dipegang dengan hati-hati. Celupkan sebagian/separuh badan burung ke dalam air dengan kepala di atas air. Usap pelan-pelan kepala burung hingga bawah dengan perlahan dan penuh perasaan. Lakukan cara ini beberapa hari secara rutin, maka risikonya lebih efektif daripada mandi dengan semprot. Untuk burung ibarat kacer, cucak hijau, mungkin akan stress dan kaget. Tetapi kalau sudah dilakukan beberapa kali, maka burung akan merasa terbiasa. Tapi bagi burung berparuh bengkok ibarat parkit dan lovebird, cara ini sangat efektif kalau diterapkan. Jangan lupa berikan makanan kesukaannya sehabis melaksanakan terapi mandi ini. Insyaallah burung akan gampang jinak bahkan jinak total. 

4. Komunikasi
Burung punya pendengaran untuk mendengar. Maka tak ada salahnya kalau kita mengajak burung kita yang belum jinak untuk berkomunikasi. Bisa dengan perintah, atau dengan memberinya nama panggilan. Misalnya kita memberi nama burung kita dengan nama jacky. Atau dikala kita hendak memberi pakan, kita ajak bicara dengan perlahan. Komunikasi sanggup anda lakukan dikala memberi pakan, mandi, atau membersihkan sangkarnya. Jika sudah terbiasa maka si burung akan jinak dan lebih bersahabat dengan kita baik secara fisik maupun perasaan. Cara ini terlihat aneh, namun banyak kicau mania di luar indonesia yang memakai cara ini, dan risikonya pun sangat memuaskan. 

Sobat kicaukan, demikian isu yang sanggup kami sampaikan tentang Cara Unik Menjinakkan Burung Yang Susah Jinak. Semoga bermanfaat bagi anda semua, dan terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus Kicaukan untuk mendapat banyak sekali macam isu penting seputar dunia burung dan perawatannya. Salam kicau, semoga sukses.!!!

Sobat kicaukan, kalau anda menilai artikel ini bermanfaat bagi anda silakan like di Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca juga artikel menarik berikut ini : PENYEBAB BURUNG KACER HANYA NGRIWIK DAN BANYAK DIAM

Subscribe to receive free email updates:

ADS